Buang segera Kerikil Itu!

Efesus 4:26 “Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu”

Terkadang ketika saya berjalan untuk pemanasan sebelum saya lari, ada kerikil kecil yang masuk dalam sepatu saya. Awalnya selalu saya abaikan, tetapi semakin saya berlari, rasanya kerikil itu menjadi semakin besar. Ketika saya tidak tahan lagi dengan kerikil yang terasa seperti batu yang semakin membesar, saya akhirnya berhenti dan membuka sepatu untuk mengeluarkan kerikil itu. Saya berpikir, kenapa saya menunggu begitu lama untuk mengeluarkan kerikil itu dari sepatuku dan segera menghilangkan rasa sakit?

Hal ini mengingatkan saya nasihat yang Yesus berikan kepada kita di Matius 5:25 untuk “Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.” Apapun yang terjadi antara kita dengan teman kita ataupun siapapun yang telah mengecewakan kita, segeralah berdamai dengannya. Jika dibiarkan berlarut-larut, masalah itu hanya akan menjadi semakin besar dan menyakiti banyak orang. Tetapi kita kita segera menyelesaikan, kita akan membuat diri kita merdeka dan juga terbebas dari rasa sakit.

Hari ini, apakah ada kerikil dalam hati Anda? Berhentilah sejenak, segera keluarkan kerikil itu! Berdamailah, maafkanlah, dan kasihilah dia yang membuat hati Anda terasa sakit dan tidak enak. Ijinkan kasih Tuhan mengalir dalam hati Anda dan membersihkan kerikil-kerikil kecil itu sedini mungkin.

Jangan biarkan kerikil bercokol lama di hati Anda, segera keluarkan. Ijinkan kasih Tuhan mengalir dalam hati Anda, dan ampunilah.

Tuhan memberkati kita.