7 Langkah untuk Menjadi Lebih Baik

smileKita bisa menjadi orang yang lebih baik jika kita mau memperbaiki diri. Kekurangan yang kita miliki adalah hal yang harus kita pelajari dalam proses perbaikan.

Memperbaiki diri membutuhkan proses agar bisa mengubah diri lebih baik lagi. Berikut ini adalah 7 langkah penting dari Jeet Banerjee, seorang penulis dari http://www.lifehack.org, sekaligus entrepreneur dan digital consultant dari Amerika, yang akan membantu Anda menjadi orang yang lebih baik.

1. Kenali kekurangan dan keburukan diri

Manusia perlu mengenal keburukan dan kekurangannya sendiri. Sebetulnya, manusia pada dasarnya akan menyadari ketika ia membuat suatu kesalahan. Namun, jika belum merasa yakin, Anda bisa mulai bertanya dengan orang-orang di sekeliling Anda tentang kekurangan dalam diri Anda. Mengenal diri sendiri merupakan faktor terpenting dalam proses perbaikan.

2. Kemauan untuk berubah

Untuk menjadi orang yang lebih baik, Anda harus punya kemauan untuk berubah. Perubahan adalah satu-satunya cara untuk berubah menjadi lebih baik dan juga satu proses untuk menjadi seseorang yang Anda inginkan.

3. Berhenti mencari alasan

Kebiasaan buruk yang dilakukan hampir setiap orang adalah mencari alasan ketika mereka sadar atas kesalahan yang telah dilakukan. Ketakutan menjadi yang bersalah adalah faktor yang membuat kita selalu mencari alasan. Hentikan hal tersebut dan mulai menerima resiko ketika Anda melakukan kesalahan.

4. Kontrol emosi

Banyak orang yang membiarkan emosi dan amarahnya mengontrol pikirannya ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapannya. Mengontrol emosi memang hal yang paling sulit untuk dilakukan, tapi nyatanya sangat memiliki banyak keuntungan. Dengan menghentikan amarah berlebihan, Anda bisa menjaga hubungan sosial Anda lebih harmonis dan akan menjadi kepuasan sendiri dalam kehidupan Anda. Jika Anda mampu mengontrol emosi Anda, maka mebuktikan bahwa Anda memang siap untuk memperbaiki diri Anda.

5. Menjadi Role-Model

Setiap punya role-model masing-masing dalam menjalani kehidupan. Tapi, setiap orang juga bisa menjadi role-model untuk dirinya sendiri bahkan orang lain. Menjadi seorang role-model akan membuat Anda lebih hati-hati dalam berkelakuan, berbicara dan berpikir. Jika Anda salah mengambil jalan dan keputusan, maka hal tersebut akan menghancurkan image Anda sebagai role-model. Berani menjadi diri sendiri memang baik, tapi ada kalanya Anda harus berhati-hati terhadap apapun yang Anda akan lakukan.

6. Belajar memaafkan

Meminta maaf memang sulit, tapi memaafkan adalah hal yang jauh lebih sulit untuk dilakukan. Rasa sakit hati yang mendalam akan membuat kita sulit memaafkan orang lain atas kerugian kita, sehingga akhirnya akan menimbulkan dendam. Tapi jika kita mampu memaafkan seseorang, maka kedamaian di dalam hati akan sangat terasa. Rasa dendam membuat kita menutup pikiran kita dan akan selalu berpikir negatif. Maka ketika kita mulai belajar memaafkan, pikiran kita akan lebih terbuka terhadap segala hal yang terjadi di sekeliling kita.

7. Dengarkan orang lain

Manusia sangat sibuk dengan karier, keluarga, dan kehidupan masing-masing. Kita sangat jarang memiliki waktu untuk sejenak mendengarkan apa yang ingin dikatakan orang lain. Dengan mau mendengarkan orang lain, Anda bisa bertemu dengan banyak orang-orang hebat, membangun koneksi yang baik, dan tidak jarang Anda bisa menemukan solusi dalam problematika Anda yang tidak pernah Anda temukan jawabannya.

Jika Anda siap untuk mengubah diri Anda menjadi orang yang lebih baik, maka mulailah memperbaiki diri dengan langkah-langkah di atas. Yang terpenting dari semuanya adalah seberapa besar keinginan Anda untuk menjadi lebih baik lagi dari Anda yang sekarang. Karena ketika Anda punya kemauan untuk menjadi lebih baik, saat itu pula pintu perjalanan kesuksesan Anda akan terbuka lebar.

Sumber : http://goo.gl/3vi1BB